Tuesday, 20 June 2017

Cara Mengaktifkan Developer Option Pada Pengaturan



Developer option atau biasa disebut pilihan pengembang sudah ada dari versi lama android. Pilihan ini berisi fungsi - fungsi tambahan atau perubahan yang sangat berguna bila sobat bisa membukanya. Salah satu fungsi yang menarik adalah mengijinkan lokasi palsu saat sobat menggunakan GPS (bisa sobat coba dengan menggunakan aplikasi FakeGPS). Pilihan pengembang berada pada aplikasi setting atau pengaturan yang letaknya tersembunyi. Nah bila sobat yang penasaran ingin membukanya, masuk pada pengaturan > tentang ponsel dan tekan 7 kali pada build number sampai ada pemberitahuan "anda sekarang menjadi seorang pengembang".

Setelah sobat memunculkan opsi pengembang ini, jangan khawatir karena tidak ada konsekuensi merugikan pada ponsel melainkan banyak fungsi dan keuntungan yang bisa sobat lakukan.

USB Debugging


Dengan mengaktifkan USB debugging, sobat bisa mengakses ponsel sobat melalui kabel USB yang tersambung dengan PC/komputer. contohnya seperti mengakses terminal yang ada pada android melalui Android Debug Bridge, atau melakukan screenshoot, backup & restore data tanpa melakukan rooting. Opsi ini juga biasa digunakan saat melakukan rooting via PC atau menginstall custom rom.


Menonaktifkan / Mengatur Animasi


Setiap kali sobat melakukan multitasking seperti berpindah dari suatu aplikasi ke aplikasi lain yang sedang dibuka atau kembali pada homescreen, pastinya akan ada jeda animasi. Jeda yang terlalu lama akan memperlambat dalam multitasking. Untuk itu, dengan membuka pilihan pengembang lalu gulir agak kebawah sampai muncul kolom animation, sobat bisa mengatur atau mendisable animasi yang aktif. Ada 3 pilihan yaitu Windows animation scale, Transition animation scale, dan Animator duration scale. Untuk kecepatan default adalah 1.

Force 4X MSAA


Pilihan ini akan memaksa android melakukan 4 kali Multisample Anti Aliasing pada game atau aplikasi yang menggunakan OpenGL 2.0 sehingga menghasilkan kualitas grafis yang lebih baik, namun tentunya opsi ini juga akan memerlukan kinerja dan menyebabkan baterai terkuras.


Mengatur Aplikasi Latar Belakang


Pada opsi pengembang, juga terdapat pilihan untuk mengatur jumlah aplikasi latar belakang yang berjalan. Normalnya batas yang digunakan adalah batas standar, namun sobat bisa mengatur pada "tidak ada aplikasi yang berjalan" sehingga tentunya aplikasi tidak akan berjalan pada latar belakang, atau centang pada "Jangan Simpan Aktivitas". Untuk melihat hasilnya cukup buka pada penggunaan RAM, maka penggunaan RAM akan berkurang.

Melihat Penggunaan CPU


Aplikasi yang menggunakan CPU bisa ditampilkan pada layar. Hal ini bisa memudahkan sobat melihat aplikasi apa saja yang berjalan dan menggunakan CPU baik pada proses utama atau latar belakang.

Bila ingin menonaktifkannya, cukup uncentang pada kotak pilihan.

Itulah beberapa fungsi yang bisa digunakan pada Developer option, tentunya fungsi diatas hanya fungsi umum yang ada karena hal ini bisa saja berbeda pada tiap - tiap ponsel, dan apabila sobat ingin menyembunyikan lagi Developer option sobat bisa menghapus data pada aplikasi pengaturan.
Load disqus comments

0 komentar