Saturday, 18 March 2017

Cara mengatasi Setup Wizard has stopped working

Cara mengatasi Setup Wizard has stopped working

Cara mengatasi Setup Wizard has stopped working - Setup Wizard yang terhenti atau peringatan biasanya "Unfortunately Setup Wizard has stopped" adalah masalah yang biasa terjadi setelah sobat melakukan hard reset, mengupdate perangkat root, atau menginstall custom rom. Sebenarnya Setup Wizard adalah aplikasi pertama yang dijalankan ketika kondisi Android belum terisi data pengguna, misalnya saat sobat menggunakan smartphone baru atau melakukan hard reset pastinya smartphone sobat belum terisi data penggunanya, aplikasi ini berupa pengaturan penyiapan awal seperti pengaturan bahasa, penambahan akun, penamaan kepemilikan smartphone, dll.

Penyebab utama terhentinya aplikasi ini adalah salah satu permissionnya dibatasi/tidak diizinkan, hal ini menyebabkan Setup Wizard tidak bisa berjalan dan sobat tentunya tidak bisa memasuki layar awal atau home screen.

Berikut cara mengatasi Setup Wizard yang terhenti :

1. Sambungkan Android sobat melalui kabel USB pada PC yang sudah terinstall ADB (Android Debug Bridge), bila belum silahkan sobat download di sini. Kondisi perangkatnya adalah layar menyala, bukan dimatikan daya.

2. Setelah Android dihubungkan dengan kabel USB, cek pada ADB dengan menggunakan

adb devices


setelah bertuliskan "List of devices attached" maka android sobat sudah terhubung pada ADB

3. Gunakan kode "adb shell" untuk mengakses terminal yang terhubung pada android sobat

adb shell

pm grant "com.google.android.setupwizard" android.permission.READ_PHONE_STATE

Cara mengatasi Setup Wizard has stopped working

Kode setelah adb shell berfungsi memberikan grant/persetujuan Read Phone State pada package com.google.android.setupwizard. (aplikasi setup wizard bisa saja berbeda nama package pada tiap tiap Android)

4. Setelah itu reboot perangkat sobat, maka pesan terhentinya Setup Wizard sudah hilang dan sobat bisa memasuki home screen lagi.

Bila cara diatas tidak memberikan solusi, maka saya sarankan untuk flashing / install ulang perangkat sobat.

Load disqus comments

0 komentar