Thursday, 19 January 2017

Disable CPU Rendering / Enable Full GPU Rendering

Enable Full GPU Rendering

Disable CPU Rendering / Enable Full GPU Rendering


Apa itu rendering ?
sederhananya rendering adalah suatu proses membangun / menampilkan gambar melalui data - data berupa objek yang disertai texture, sudut pandang, pencahayaan, informasi bayangan serta banyak lagi, yang diproses sehingga menghasilkan suatu output berupa gambar digital.

Pada dasarnya setiap perangkat yang menghasilkan gambar digital akan melakukan proses rendering seperti pada smartphone Android sobat, proses rendering dilakukan untuk melakukan beraneka tugas seperti bermain game, memutar video, menampilkan gambar pada galeri dan masih banyak lagi. Pada smartphone Android terdapat sebuah hardware yang memiliki fungsi utama untuk menampilkan gambar yang disebut GPU / Graphic Proccessing Unit. Namun defaultnya system Android akan menggunakan 2 hardware untuk menampilkan graphic yaitu CPU dan GPU sendiri. Nah hal ini yang mendasari judul yaitu GPU rendering yaitu penggunaan GPU untuk merendering gambar. Bila sobat sadari mungkin Android sobat pernah mengalami grafik patah - patah saat memainkan game atau mungkin lag / FPS (frame per secon) berkurang saat memainkan video kualitas tinggi? Bila ya hal ini bisa saja disebabkan oleh CPU rendering. CPU / proccessor sendiri yang fungsi utamanya mengatur komponen dan kerja system malah digunakan untuk merendering gambar, tentunya ini bisa mempengaruhi performa Android sobat.

Berikut Tips untuk membuat full GPU rendering :

1.Buka bagian system/lib/egl/

setelah sobat membuka directory tersebut, sobat akan menjumpai file yang bernama "egl.cfg" buka file tersebut pada text editor.

2.Cari  baris pertama "0 1 android" dan baris kedua "0 1 (nama gpu sobat)"
 Hapus bagian "0 1 android" (baris pertama) dan biarkan baris kedua menjadi baris pertama, bila sudah save and exit, jangan lupa pastikan permissionnya rw-r-r.
(untuk lebih aman, sobat bisa membackup file egl sebelum mengeditnya)

/system/lib/egl/egl.cfg

egl.cfg permission



3.Buat file init.d lalu isi dengan script ini
setprop hw3d.force 1
setprop hw2d.force 1
setprop debug.performance.tuning 1
setprop debug.gr.numframebuffers 3
setprop debug.sf.hw 1
setprop debug.egl.profiler 1
setprop force_hw_ui true
setprop debug.egl.hw 1
setprop video.accelerate.hw 1

Script diatas bukan milik saya. Sumber : forum xda
Nama file bisa disesuaikan sendiri, dan jangan lupa ubah permissionnya jadi rwxrwxrwx.


Atau bila sobat lebih suka memakai script pada build.prop, sobat bisa menambah script ini pada build.prop, tepatnya di paling bawah:
Bila ada script yang kembar maka bagian yang kembar jangan didoubel

#By Jeeko
debug.performance.tuning 1
debug.egl.profiler=1
debug.egl.hw=1
debug.sf.hw=1
hw3d.force 1
hw2d.force=1
force_hw_ui=true
debug.gr.numframebuffers=3
video.accelerate.hw=1

Pilih salah satu saja ( antara init.d script atau build.prop script), agar fungsinya tidak doubel.

4.Untuk tambahan sobat bisa masuk ke opsi pengembang > aktifkan force gpu rendering on 2D, dengan ini maka GPU akan dipaksa digunakan untuk merendering grafis 2D.

5.Reboot perangkat
setelah melakukan perubahan pada system lebih baiknya untuk mereboot atau restart ulang Android sobat, hal ini akan membuat perubahan berfungsi dengan optimal. Pastikan juga perubahan yang dibuat sudah benar untuk menghindari hal - hal yang tidak diinginkan.

Nah itu sedikit tips membuat Full GPU Rendering, bila terjadi hal - hal yang menggangu seperti Android menjadi lebih cepat panas, baterai boros, atau hal - hal lainnya, segera normalkan kembali dengan mengembalikan isi file egl.cfg dan menghapus script init.d/build.prop tadi, dan sebagai opreker jangan lupa pada motto Do With Your Own Risk.
Load disqus comments

0 komentar