Monday, 16 January 2017

Cara Meng-execute Otomatis Init.d Script


Cara Meng-execute Otomatis Init.d Script



Sebagai pengguna smartphone Android yang sudah mendapat akses akar / root pastinya sobat sudah mengenal yang namanya tweak. Tweak sendiri sebenarnya berupa script yang berisi perintah / shell yang memiliki fungsi untuk melakukan perubahan pada system Android, biasanya script yang digunakan berupa shell script, hal ini dilihat dari kalimat pertama script tersebut yaitu #!system/bin/sh. sh sendiri memiliki singkatan shell, hampir sama dengan itu terdapat juga script yang memiliki fungsi yang sama namun berbeda nama, yaitu bash script. Namun yang akan dibahas di sini adalah shell script. Untuk mengawalinya saya akan berikan sebuah pertanyaan "apakah script/tweak yang kita pasang di Android akan otomatis ter-execute atau tereksekusi untuk menjalankan fungsinya setelah booting berlangsung?" Jawabnya adalah tidak semua system android akan otomatis mengeksekusi script yang berada pada init.d, hal ini yang menyebabkan ponsel kembali seperti awal seperti belum menerima efek tweak tersebut. Nah hal tersebut sia - sia kan? Berikut tips mengatasinya :

1. Gunakan aplikasi pengeksekusi script



Beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mengeksekusi script adalah aplikasi Universall init.d. Aplikasi ini memiliki banyak fungsi seperti meng-execute script,mengedit serta mengetes kecocokan kernel dengan init.d,dan tentunya aplikasi ini support dengan banyak rom. Dengan mengaktivkan tombol paling atas pada aplikasi maka setiap kali selesai booting, script akan tereksekusi melalui startup aplikasi Universal init.d, namun terkadang beberapa device tidak support dalam hal startup atau sengaja dibuat no startup app oleh pengembang untuk mempercepat booting, bila hal ini terjadi gunakan pilihan lain yaitu :

2.Eksekusi menggunakan shell lewat Terminal Emulator





Untuk mengeksekusi script lewat terminal emulator cukup dengan menggunakan perintah

su
exec system/etc/init.d/*

exec adalah shell untuk mengeksekusi script,system/etc/init.d adalah tempat script init.d dan fungsi * adalah sebagai penanda bahwa semua yang ada dalam folder init.d akan tereksekusi secara langsung.
Bila ingin lebih variatif sobat bisa membuat script yang berisi shell diatas dan meletakannya di system/bin lalu panggil lewat terminal emulator, cara seperti ini bisa lebih cepat karena sobat hanya perlu menulis nama script yang sobat buat tanpa menulis fungsi exec nya.

Tips


Sedikit tips yaitu untuk memperhatikan jenis script yang sobat pasang, sebaiknya sobat teliti dahulu sebelum memasang script agar fungsi script tidak bertabrakan atau lebih dari satu (doubel) bila ini terjadi bisa saja menyebabkan system tidak stabil atau hal - hal merugikan lainnya. Apabila script yang terpasang sudah doubel maka yang harus sobat lakukan adalah menghapus salah satu dari init.d

Link Download Universall init.d Google Play Store
Load disqus comments

0 komentar